Kamis, 23 Desember 2010

Nasionalisme Jangan Cepat Pergi

serentak rasa nasionalisme bangsa ini sedang menggebu-gebu bagaikan api yang sangat panas membakar. mendadak rasa itu datang ketika dimulainya event sepak bola yang sedang berlangsung di negara ini. semua orang terbius dalam atmosfer yang sangat kuat ini. dengan segala teriakan yang keluar dari mulut mereka dengan kata "aku cinta indonesia 100% / saya bangga dengan negara ini atas apa yang mereka semua katakan" dan ramai-ramai mereka semua kerepotan membeli atau mengumpulkan atribut-atribut yang melambangkan negara ini. lambang merah putih tak jarang terhias diwajah mereka dengan sebuah ikat kepalanya dan tentunya dengan bendera merah putihnya. tidak lupa juga baju atau sebuah jaket dan apapun itu yang biasanya melekat pada momen ini.

bahkan itu sampai membuat saya terharu. suara yang menggelegar, lautan orang berwarna merah. ini seperti pesta tahunan yang diadakan secara meriah dan mewah. sungguh tak ada ungkapan yang bisa dilontarkan untuk menggambarkan perasaan ini. ternyata memang hebat rasa nasionalisme masyarakat kita yang sangat tinggi ini.

tapi akankah sebuah rasa nasionalisme dari pesta tahunan ini dapat bertahan lama ? tapi apakah rasa nasionalisme itu hanya tumbuh menggebu-gebu dalam sebuah lapangan berumput, atau lapangan berkarpet ? atau tak ada sama sekali rasa nasionalisme yang tumbuh menggebu-gebu seperti ini ditempat selain itu ?
mungkin ini pertanyaan yang tidak dapat saya temukan jawabannya untuk sekarang ini. dan mungkin itu juga mengalahkan rasa nasionalisme ketika kita hormat dilapangan upacara.
wow sungguh semacam hipnotis yang hebat dari event itu. saya pun juga sangat merasakan hal yang satu ini.

dan tampaknya ada satu hal lagi yang selalu mengganggu pikiran saya. mungkin setelah usainya event sepakbola ini. apa masih ada teriakan-teriakan hebat memuji yang menggelegar itu terdengar untuk indonesia ini ? apa masih ada yang peduli pada indonesia yang selalu akan kita impikan lebih baik ini ? dan apa masih ada rasa nasionalisme menggebu-gebu nan membakar seperti ini ?
yap mungkin dari anda sekalian memiliki jawabannya masing-masing. dan nampaknya tidak perlu lagi untuk saya tulis disini. karena saya yakin rasa nasionalisme itu sudah sangat besar. saya pun juga sangat yakin masing-masing dari anda pasti sering berdoa untuk indonesia yang lebih dimpikan ini, bukan ?
dan waktunya sekarang saya mulai berharap agar sepakbola indonesia bisa mengangkat piala dengan tinggi. agar tak ada lagi cacian sarkatis yang keluar dari mulut yang beringas untuk indonesia ini.

HIDUP INDONESIA, mudah-mudahan dari sinilah rasa nasionalisme kita dapat tumbuh untuk hal-hal yang sangat kecil. sekali lagi HIDUP INDONESIA.., semoga rasa nasioanalisme yang hebat ini tidak cepat pergi. "cheers"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar