Selasa, 28 Desember 2010

Ini Bukan Zaman Batu "Yang Harus Keras"

akhir-akhir ini saya agak menjadi malas untuk membuka akun twitter yang saya miliki belakang ini. walaupun terkadang masih terlihat saya membukanya, mungkin saya enggan berlama-lama dan sesekali hanya untuk update tentang kejadian apa yang terjadi pada hari itu atau hanya sekedar menulis status. terkait dengan euforia yang sedang terjadi belakangan ini, masuknya indonesia ke final dan bertemu malaysia pada event sepakbola se-asia.
belakang ini disitus mikroblogging itu sangatlah ramai, mulai dari dukungan, keluhan, emosi, rasa nasionalisme dan macam-macam semua perasaan dihati dan dikepala semua dikeluarkan disini. dan saya pun tidak mau kalah untuk berperan ikut serta, hahaha "bercanda".

tetapi itu semua bukan menjadi sebab kenapa saya enggan berlama-lama membuka twitter. justru sebailiknya saya malah sangat senang saat melihat itu. tapi ada juga hal lain yang selalu menggganjal pikiran dan mata saya. dan klimaks nya terjadi pada saat malam pertandingan final "firstleg" antara indonesia vs malaysia. dimana sebelum pertandingan ini berlangsung kita semua berharap tim kita dapat mengalahkan tim lawan. tapi semua keadaan berbalik parah. kenyataan pahit memukul kita dengan sangat kencang. dan ternyata tim kita ditekuk oleh lawan dengan telak 3-0.

adapun kejadian yang menarik saat pertandingan itu digelar. kecurangan terjadi pada kubu tim lawan dengan cara menyorotkan laser pada tim kita. lalu tidak beberapa lama berita ini langsung menyebar luas dan yang unik sampai menjadi trending topic pada twitter. mungkin karena banyaknya dari kita dan termasuk saya yang tertunduh sedih dan tidak terima akan kekalahan ini yang dianggap dicurangi itu, sampai-sampai bisa menjadi trending topic. lalu ditambah dengan keadaan hubungan kita dengan tim lawan "negara tetangga" kurang baik belakangan ini. keadaan ini bisa makin meruncing menjadi ajang yang tepat untuk mengeluarkan ekspresi dengan sangat emosi.

dan inilah hal yang membuat saya menjadi sedikit enggan untuk membuka twitter dan mencumbuinya dengan lama. serentak semua berubah menjadi pertarungan panas bagai perang. banyak yang menghujat mereka dengan kata-kata sarkatis, mulai dari hinaan, cibiran, yang seharusnya perilaku ini tidak kita keluarkan.
wake up man! kita ini anak bangsa yang cerdas. perilaku kita bukan seperti binatang yang harus selalu bersikap kasar. jika tim lawan berbuat curang, buktikan kita dapat membalasnya dengan perbuatan sportif tinggi yang akan membuat mental tempe seperti mereka memakai rok, buktikan kalau kita tidak hanya selalu bisa menghujat dan mengakibatkan permusuhan. berpikirlah dengan kepala dingin, laser tidak menjadikan 100% kekalahan tim kita, dan jika kalian juga menyangkal pssi menjadikan 100% kekalahan tim kita akibat kebobrokannya. lawan, lawanlah mereka semua dengan cara cerdas bukan melawan dengan tindakan barbar nan anarkis yang akan menjadi boomerang untuk kita sendiri dan akan memperlihatkan kebodohan kita.
semua itu tidak akan ada pengaruhnya jika kita hanya menghabiskan energi kita dengan marah-marah untuk mencaci mereka.

ingat mereka semua tidaklah salah sepenuhnya. namun perlu diingat juga kawan, kita juga bukan negara atau anak bangsa yang sempurna dan selalu benar dalam segala hal. jadi sudah cukup kita saling menghujat, dan tidak perlu melebih-lebih kan masalah ini. janganlah kita mau dikontrol oleh kondisi yang panas ini. tidak suka boleh, tapi jangan dedikasikan hidup kalian hanya untuk membenci suatu negara atau kelompok. itu menurut saya adalah cara pemikiran yang terbelakang. dan perlu di ingat juga kawan, kita sudah tidak lagi hidup dizaman batu "dimana otot lebih dihormati daripada otak", sekarang sudah saatnya "yang cerdas lebih dihormati". jadi lebih baik simpan energi kalian untuk berbuat secara real. tunjukan kepada mereka dengan hal yang lebih nyata dan terlihat, karena kita patut membanggakan negara yang hebat ini. karena kita juga anak bangsa yang hebat. dan semoga kita dapat lebih dewasa menghadapi masalah dengan kepala dingin. mari kita kembalikan senyum indonesia kita yang indah ini untuk mengangkat piala. "cheers for indonesia"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar